Saturday, February 15, 1975

Fuji Cherry Cassette Recorder

Fuji Cherry Cassette Recorder

Ada masa di mana kami senang menyanyi dengan mikrofon dan direkam ke kaset, diperdengarkan kembali atau dikirim via pos ke eyang kami di lain kota untuk mengobati kangen. Sebuah pita magnetic kaset mampu mengabadikan suara, sehingga kami masih bisa mendengarkan suara kami saat masih anak-anak hingga kini, diperdengarkan kembali pada anak-anak kami.

Fuji Cherry Cassette Recorder

Dengan alat rekam ini kami bereksperimen bermain musik dan bersandiwara radio. Dibantu oleh orang tua kami yang kebetulan pernah siaran radio, dalam sebulan kami bisa menghabiskan beberapa kaset sandiwara.

Sekilas sejarah

Philips memperkenalkan cassette recorder pertama kali pada tahun 1963 bersamaan dengan digunakannya format compact cassette sebagai medium audio alternatif dari pita (tape) & piringan hitam (vinyl). Cassette recorder bermerk Fuji Cherry yang kami temukan di pasar loak ini sangat mirip dengan Philips EL3300/3301/3302. Dibuat di Jepang, casing sangat persis bahkan menggunakan tuas pemutar 3 arah (rewind ke kiri, fast-forward ke kanan, play ke atas) seperti halnya Philips.

Interior di dalamnya pun sama. Letak dinamo, PCB dan dudukan batere persis dengan kembarannya namun ada perbedaan dengan port audio di bagian depan dan tombol volume.

Cukup sulit mencari informasi lebih detail tentang Fuji Cherry yang dibuat oleh Fujiya Electric ini, terutama tahun produksinya. Dari PCB & komponennya kami mencoba menduga tahun pembuatannya.



Pada PCB tertera kode TC-1805. Sepanjang pengetahuan kami, inisial TC adalah kode produksi dari Sony dan Fujiya Electric sempat membuatkan komponen motor untuk Sony di awal 50an. Kemudian pada logo PIONEER di speaker, bisa dipastikan jenis huruf yang digunakan adalah logo pada masa 60an (contoh jenis huruf pada logo di produk PIONEER tahun 60an bisa dilihat di sini.)



Pada casing plastik, kami menduga mesin cetak yang digunakan oleh Fuji Cherry juga sama dengan Philips EL3300. Ini terbukti dari lubang yang ditutup oleh lembar aluminium di produk Fuji Cherry, adalah lubang untuk level meter Philips EL3300. Kemungkinan memang Fujiya Electric meniru mentah-mentah?

Jika original Philips menggunakan DIN jack untuk microphone, Fuji Cherry ini menggunakan mini-jack atau TRS yang populer digunakan pada radio transistor tahun 60an.

Jadi kesimpulan sementara, Fuji Cherry cassette recorder ini diproduksi antara 1965-1970.

Related products:
- Philips EL3301
- Philips EL3302

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 5/5 (voice recording)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 4/5 (selama masih ada kaset kosong)
Kelangkaan barang: 5/5 (tidak ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 1/5 (bukan produk populer)


No comments:

Post a Comment