Friday, September 10, 1976

Little Professor

Untitled

Suatu ketika di awal 80an, bapak mengajak saya ke kantor setelah pulang sekolah. "Bapak ada pekerjaan iklan, kebetulan butuh anak laki-laki sebagai model. Kamu jadi modelnya. Iklannya tentang alat belajar elektronik. Pasti suka!" Saya yang masih SD saat itu tentu saja bersemangat.



Singkat cerita, ini hasil pemotretan iklan itu. Alat belajarnya adalah Little Professor buatan Texas Instruments. Bentuknya seperti kalkulator, tapi sebenarnya adalah alat untuk mencoba kemampuan matematika dasar: penjumlahan, pengurangan, perkalian & pembagian dengan 4 tingkat kesulitan yang berbeda.

Untitled

Setelah sekian tahun, kami berhasil menemukan kembali Little Professor ini. Dibandingkan dengan educational gadget modern seperti iPod touch atau iPad, gadget elektronik ini terlihat sangat sederhana. Bentuknya bulky, tanpa suara & dengan layar LED generasi pertama berwarna merah. Namun anak-anak kami tetap penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

Untitled

Terdapat 4 tingkat kesulitan untuk 'bermain' berdasarkan pengetahuan yang didapat di sekolah. Kemudian tekan tombol SET diikuti dengan soal pertambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dan diakhiri tombol GO untuk memulai soal. Setelah 10 soal, Little Professor akan memberi score. Sederhana.



Namun yang membuat asik adalah beraktivitas dengan buku FUN WITH MATH FACTS yang disertakan dalam paket (bisa didownload di sini). Berisi permainan yang bersifat kompetisi dimainkan lebih dari 2 peserta. Ada juga problem solving berdasarkan angka-angka yang terjawab di Little Professor.


Dan yang terpenting, aktivitas ini melibatkan satu keluarga termasuk orang tuanya. Atau saling belajar di antara mereka sendiri.

Sekilas sejarah

Dipasarkan pada tahun 1976, Little Professor dijual $20 (setara dengan $75 saat ini) dan langsung laku keras. Hingga 1977, terjual 1 juta unit dan diteruskan dengan model-model baru dengan layar LCD di tahun 1982 hingga akhir 90an.

Little Professor
Tanggal manufaktur: September 1977 di Midland, Texas

Salah satu hal yang membuat Little Professor ini sangat laris di awal pemasarannya adalah: ini awal era anak-anak bisa memilki gadget elektronik & orang tua dengan senang hati membelikannya karena gadget ini bukan sekedar mainan tapi alat belajar elektronik. Itu sebabnya saya bisa mendapatkannya dari bapak, tanpa harus merengek minta dibelikan. Walau tentu saja, nilai matematika saya tidak ada improvement yang berarti setelah bermain dengan gadget jadul ini :D

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 3/5 (sebagai edutainment toy)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 5/5 (hanya butuh batere 9 volt)
Kelangkaan barang: 2/5 (beberapa kali ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 5/5 (populer & penting dalam perkembangan alat pendidikan elektronik)

Related product:
- Speak & Spell

Info lebih lanjut:
- Datamath Calculator Museum
- Texas Instuments database
- Retroland

2 comments:

  1. @Don - Mau nyumbang materi tulisan yg ada hubungannya sama bapak juga nggak? Ada barang jadul yg ngga perlu bongkar gudang mungkin? :D

    ReplyDelete