Monday, January 27, 1975

Anscoflex II

Anscoflex II

Persaingan antar pembuat film & kamera fotografi di awal 50an mendorong Ansco company menyewa seorang industrial designer ternama Raymond Loewy - desainer logo Lucky Strike, lokomotif Pennsylvania Railroad, Zippo lighter, Studebaker commander, Avanti etc (klik contoh karya) - untuk mendesain kamera TLR mereka.

Anscoflex II

Kamera TLR (Twins Lens Reflex) Anscoflex ini dipasarkan pada tahun 1954 dengan harga $15.95 atau setara $128 jaman sekarang.
Material, warna, faktor ergonomis sangat diperhatikan di kamera ini. Berbalut bahan metal ringan (aluminium?) dengan warna hijau bluwek khas tahun 50an, kamera ini sangat memudahkan penggunanya. Cover lensa-nya menyerupai bentuk pintu hangar pesawat tempur. Saat cover dibuka ke atas, sekaligus akan membuka dua lensa di depan & view-finder di bagian atas.

Anscoflex II Anscoflex II

Di bagian muka terdapat 2 tombol pemutar untuk close-up & filter kuning yang berguna meng-koreksi exposure pada film hitam putih saat cuaca cerah terang benderang.

Anscoflex II

Yang menarik dari desain ini adalah tombol shutter secara otomatis akan terkunci setelah mengambil gambar. Feature ini sangat penting untuk mencegah orang memotret double exposure by mistake seperti pada kebanyakan kamera di masa itu. Setelah ditekan, tombol shutter akan tetap dalam posisi tertekan hingga roll film diputar hingga exposure berikutnya. Cara memutar roll (wind) pun unik, tidak diputar hingga 180º tapi cukup diputar 45º beberapa kali hingga nomor exposure berikutnya dan tombol shutter otomatis akan kembali ke posisi siap tekan.

Untitled Untitled

Dari sisi feature fotografi, kamera ini tidak ada yang istimewa. Lensa fixed focus dengan jarak minimum 2 meter, dengan filter close up jarak minimum 1,2 meter. Aperfure ƒ/11 dengan shutter speed 1/60. Sayangnya tidak dilengkapi colokan untuk cable release. Jadi jangan harap bisa mengambil gambar dengan baik saat malam hari atau kondisi low-light tanpa lampu flash.

Movenpick

Di atas adalah foto hasil dari kamera ini. Lebih banyak tentang penggunaan Anscoflex II di sini.


Iklan di majalah LIFE 19 Juli 1954 (link)

Kondisi 90% mulus dengan beberapa lecet di permukaan. Lengkap dengan flash (tanpa lampu), jaket kulit asli & kotak asli. Tanpa manual.

Related story:
- Bereksperimen dengan Anscoflex II


Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 2/5 (hobbyist atau dekorasi)
Kesulitan penggunaan di masa sekarang: 2/5 (format 620 sudah tidak beredar)
Kelangkaan barang: 1/5 (banyak ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 4/5 (berperan dalam sejarah industrial design)


Info lebih lanjut:
https://sites.google.com/site/contraptionsinphoto/ansco-anscoflex-ii
- 12 desain karya Raymond Loewy
- Iklan Anscoflex II di media cetak

No comments:

Post a Comment