Tuesday, October 23, 2001

1st gen iPod 2001

1st gen iPod

Satu hal yang khas dari Apple, bahwa hardware & software selalu terintegrasi saling mendukung. Contohnya iPod ini. Walau bukan MP3 player pertama tapi iPod memberikan pengalaman yang berbeda dibanding produk-produk sebelumnya. iPod bukan hanya tentang sebuah hardware yang cantik dengan warna iconic putih, tapi pengalaman seutuhnya. Dari membeli lagu, sync dan mendengarkannya di saku. Dengan software iTunes (dan iTunes Store) yang managable, reliable & simple, orang jadi merasa begitu mudahnya membawa koleksi musik mereka kemana saja. Sebuah konsep yang tidak terpikirkan oleh Saehan, Creative, Diamond, HanGo yang sudah terlebih dahulu memasarkan produk MP3 player.

1st gen iPod


Kemudahan menggunakan iPod juga menjadi faktor pendongkrak popularitasnya. Scroll wheel mekanisnya sangat menggampangkan pengguna untuk bernavigasi dari satu menu ke menu lainnya. Sepertinya siap menerima pelukan tangan penggunanya, dengan hanya menggerakkan jempol. Sangat sederhana, tapi mencakup semuanya.


1st gen iPod

Tahun 2002, pertama kalinya kami memegang device ini. Tanpa membaca manual, kami bisa langsung mengoperasikannya. Interfacenya sangat user friendly dibandingkan dengan Creative Nomad Labs atau  Panasonic saat itu. Walau lebih berat dibanding flash-based memory MP3 player, kapasitas harddisk 5GB/10GB dari iPod menjadi salah satu faktor pemikat. Oh dan satu lagi, playlist yang sudah kami susun rapih di iTunes, terintegrasi dengan iPod. Mac menjadi database utama koleksi musik kami & iPod menjadi library musik kami di dalam saku. Popularitas iPod melahirkan banyak produk-produk tiruan & kata 'iPod' pun menjadi kata benda.

1st gen iPod

Sekilas sejarah

Strategi Steve Jobs saat awal 2000 adalah merancang digital lifestyle - menghubungkan semua devices dalam satu digital hub atau sebuah central device. Kamera foto, video, musik terjalin & terorganisir dalam satu komputer. Software yang layak disiapkan. iTunes pun rilis pada awal tahun 2001, menjadi gerbang utama untuk kebutuhan music library & player. Sementara itu, MP3 player yang beredar di pasaran dianggap sangat buruk, mendorong Apple untuk merancang hardware yang layak, sejalan dengan software yang sedang mereka rancang.

Proyek portable MP3 player ini adalah produk non-komputer pertama bagi Apple. Pengalaman baru ini dianggap sebagai stamina baru untuk berinovasi bagi Steve Jobs dan kawan-kawan, persis saat mereka merancang Macintosh pertama di awal 80an. Kegagalan prototype, batere boros, bentuk yang bulky, memory terbatas memacu tim hardware yang dipimpin Jon Rubinstein untuk terus berusaha. Hingga akhirnya seorang eksekutif Toshiba menawarkan harddisk tipis buatan mereka kepada Jon Rubinstein, proses pembuatan MP3 player Apple pun bisa mengejar target deadline. 23 Oktober, Steve Jobs memperkenalkan iPod yang pertama.



Walau dicibir & dikritik, iPod sangat menggoda Windows user. Secara tidak langsung, Apple perlahan mengajak mereka untuk pindah menggunakan Mac (halo effect ini baru terasa gaungnya setelah Apple merilis iPod shuffle & Mac mini di tahun 2005.) Bulan Juni 2002, iPod membuka diri untuk pasar Windows dan popularitasnya meroket. Masa depan Apple cerah secerah-cerahnya. Dunia hiburan digital pun berubah.

Melihat iklan TV iPod pertama yang dibintangi Jeff Goldblum - dengan lagu Take California dari The Propellerheads - ini berasa asik banget pakai iPod. 1000 songs in your pocket! Sync & go!



Tengok review singkat dari TechTV ini. Windows user saat itu sudah tergiur dengan iPod ini, jengkel karena tidak compatible dengan Windows dan harus menunggu tahun depan.



Jika masih memiliki iPod generasi pertama ini dengan kondisi menyala, masih mulus, lengkap dengan box, simpan baik-baik. Dengan kondisi seperti itu, pasaran di eBay paling rendah $150.


Kondisi sudah terdapat baret-baret halus di bagian permukaan plastik & aluminium belakang. Hanya dilengkapi earphone original, tanpa box & tanpa manual.

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 5/5 (pemutar musik digital)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 5/5 (masih disupport software modern)
Kelangkaan barang: 3/5 (beberapa kali ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 5/5 (produk mp3 player pertama Apple & penting dalam sejarah digital)


Source:

No comments:

Post a Comment