Sunday, March 4, 2001

Handspring Visor Edge

Handspring Visor Edge

Handspring Visor Edge ini dianggap sebagai PDA paling seksi & cantik oleh para reviewers di tahun 2001. Berbahan anodized aluminium, Visor Edge layak bersanding dengan produk-produk Apple, terutama PowerBook G4 titanium yang saat itu rilis bersamaan.

Visor Edge adalah jawaban dari Palm V yang berbahan aluminium. Dan tidak tanggung-tanggung, dari cover hingga stylus-nya semua berbahan metal. Bahkan menyediakan 3 pilihan warna: silver, biru & merah seperti ini.

Handspring Visor Edge

Menggunakan prosesor Motorola Dragonball VZ 33MHz, lebih cepat dibanding produk sebelumnya: Platinum & Prism. Kapasitas memory 8MB dengan system PalmOS 3.5.2H2, bisa di-expand menggunakan SD card module yang ditancapkan pada expansion slot. Slot ini juga yang memungkinkan Visor Edge berfungsi sebagai GPS device, mp3 player, barcode scanner. Dengan adanya microphone di Visor Edge & modul VisorPhone, PDA ini bisa juga beralih fungsi menjadi telepon seluler. Smartphone tahun 2001? Dan dengan modul wireless-network ini, bisa browsing internet & cek email melalui wi-fi.

Back in 2001 when Palm OS ruled the PDA world: Handspring Visor Edge. #neoretrogizmos

Sayangnya OS-nya hanya mentok di 3.5.2 dan tidak ada update berikutnya di PalmOS 4.0. Untuk menggunakannya pun sekarang agak tricky. Pengguna MacOS X hanya bisa menggunakan Palm Desktop Manager di Snow Leopard, tidak compatible dengan Lion apalagi Mountain Lion.

Visor Edge ini adalah generasi terakhir PDA yang dipasarkan Handspring (termasuk Neo & Pro). Tahun 2002, mereka menggabungkan fungsi organizer & telepon dan merilis model Treo.

Sejarah & desain

Handspring company didirikan oleh founders Palm Pilot Jeff Hawkins & Donna Dubinsky (yang hengkang dari Palm setelah diakuisisi 3COM) di tahun 1998. Dengan menggunakan lisensi PalmOS, Handspring fokus pada pembuatan PDA yang murah & segmen untuk kalangan muda. Mereka menunjuk Dennis Boyle dari firma desain IDEO untuk membuat desain PDA-nya. Sebagai catatan, Dennis Boyle ini juga yang mendesain produk-produk Palm, termasuk Palm V yang berbahan metal (baca di sini).

Dengan deadline yang sangat mepet dan budget rendah, IDEO 'dipaksa' membuat PDA baru yang sanggup bersaing dengan Palm. Salah satu ide adalah dengan menggunakan variasi warna pada body PDA, seperti Visor Edge ini. Jika Palm hanya tersedia satu warna hitam, abu-abu atau silver pada satu model, maka Handspring menyediakan berbagai macam warna untuk satu model.

Selain itu, fitur Springboard expansion membuat Handspring bisa di-upgrade atau expand dengan berbagai modul, menjadi daya tarik tersendiri dan bisa bersaing dengan PalmOS device lainnya.

Handspring Visor Edge

Kondisi fisik sangat mulus, dilengkapi stylus, cradle, CD drive, quick reference guide & leather case. Tanpa box dan tanpa manual.

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 5/5 (PDA, telpon, GPS, mp3 player :D)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 3/5 (aplikasi sync tidak diupdate oleh OS modern)
Kelangkaan barang: 2/5 (banyak ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 4/5 (desain Handspring PDA yang terbaik)

Useful links:
Visor Design by IDEO
IDEO case study
Visor Central
Computer History Museum
The Gadgeteer
Data sheet pdf
User guide pdf
Pen Computing
MacWorld
Computing Unplugged
Modul-modul Springboard
Modul-modul Springboard (wiki)
Modul-modul Springboard (88-keys.com)

No comments:

Post a Comment