Wednesday, February 1, 1984

Casio Personal Computer PB-770

Casio PB-770 pocket computer

Kalkulator atau komputer? Di awal 80an, kalkulator semakin canggih dan batas antara fungsi kalkulasi & komputasi semakin pudar. Seperti Casio PB-770 (penerus dari PB-700) ini sudah tidak lagi disebut kalkulator tapi programmable calculator atau pocket computer atau micro computer. Atau personal computer!

Dalam buku Essential Retro, James B Grahame menulis:

Rapid advances in miniaturization made pocket computers a reality in the early 1980s. The first of these candy bar shaped machines were basically calculators on steroids. They usually offered a single-line LCD display, miniature QWERTY chicklet keyboard, and a cut-down version of the BASIC programming language.


Dipasarkan tahun 1984, komputer saku ini dilengkapi dengan RAM 8kb up to 32kb, dengan ukuran layar 32 x 160 pixels, menggunakan 4 batere AA dan 1 batere CR-1220 untuk RAM.

Casio ini mampu membuat program dengan bahasa BASIC, sebuah bahasa pemrograman yang dipelajari hampir semua anak-anak remaja pada jaman itu supaya bisa menjadi ahli komputer atau membuat game komputer, terinspirasi dari film-film geek seperti  Electric Dreams (1984) atau Explorer (1985). Berasa sangat cool & canggih banget saat bisa nemu cara bagaimana membuat graphic dengan animasi bergerak.

Casio PB-770 & FA-11

Casio PB-770 ini dilengkapi dengan unit FA-11 - printer & data recorder berupa kaset. Printernya bekerja seperti plotter dengan 4 pena warna. Saat kami coba, tinta pena sudah kering. Kami letakkan beberapa lama di dalam air mendidih, tinta kembali mengalir lancar. Namun sayangnya, walau motor plotter masih bekerja dengan baik, alignment pena pada plotter tidak pas menyebabkan kertas tidak tercetak.
Sementara unit data recorder berguna untuk menyimpan data dalam pita magnetic kaset (bukan floppy disk) dan masih bekerja dengan baik. Data bisa ter-SAVE dan LOAD sesuai petunjuk manual.

Casio PB-770 docked in FA-11

Apakah pocket computer seperti ini masih berguna saat semua orang sudah menggunakan iPad atau tablet? Selain fungsi kalkulasi, pemrograman BASIC masih digunakan hingga kini untuk kalangan hobbyist. Namun perlu diingat, device seperti ini sudah menjadi seperti pulau yang terisolir. Transportasi data hanya melalui kaset, yang tentu saja sulit menjangkau device modern. Jangankan kaset, floppy disk sendiri juga sudah jarang digunakan.



Tapi untuk iseng-iseng mencoba BASIC lagi di cafe atau di tempat kerja saat sengang, device ini praktis & pas.

Ditemukan di pasar loak dengan kondisi fisik masih relatif mulus, walau ada baret atau cat terkelupas di beberapa titik. Semua fungsi berjalan baik, termasuk unit FA-11: plotter berfungsi, data recorder berfungsi dan batere masih ter-charge dengan baik walau hanya bertahan kurang dari satu jam. Tanpa box, tanpa adaptor & tanpa manual.

Related product:
- Craig M100

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 2/5 (BASIC programming sudah jarang digunakan)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 4/5 (sekedar sebagai kalkulator)
Kelangkaan barang: 5/5 (jarang ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 1/5 (bukan model pertama dan kalah populer dengan PB-700)

Useful info:
- Casio PB-700 & FA-10
- Piotr Piatek's Casio PB-700

No comments:

Post a Comment