Wednesday, August 1, 1979

Craig M100


Kalkulator atau komputer saku?

Sebagian menyebut gadget ini sebagai komputer penerjemah. Namun di era 70an saat gadget ini dipasarkan, sebagian besar menganggapnya sebagai kalkulator elektronik canggih yang bisa menerjemahkan bahasa. Maklum, di jaman itu orang masih menganggap semua gadget saku yang bisa melakukan tugas kalkulasi adalah kalkulator elektronik, walau sedikit demi sedikit fungsi tambahan disertakan hingga batas antara kalkulator dengan komputer kecil semakin kabur.

Masa transisi ini diramaikan dengan lahirnya berbagai jenis kalkulator serba bisa. Mencatat nomor telepon, memo, kalkulasi ilmiah, database atau menerjemahkan berbagai bahasa seperti Craig M100 buatan tahun 1979 ini.


Language capsule atau Ami Memory System ROM

Menggunakan display VFD (vacuum fluorescent display) berwarna hijau, Craig M100 mampu menerjemahkan 6 bahasa: Inggris, Jepang, Perancis, Jerman dan Itali. Masing-masing bahasa menggunakan modul memory capsule (language chips berbasis sistem Ami Memory) yang diletakkan pada 3 slot. Satu kapsul bahasa dihargai US$ 24.95.
Hal ini mengingatkan kami pada aplikasi penerjemah di iOS device yang menerapkan feature in-app purchasing untuk tiap-tiap bahasa dengan paket terpisah.
Pada satu iklan menyebutkan bahwa selain language capsule akan ada information capsule tentang nutritional guide, bar and wine guide dan lainnya.



Sekilas sejarah tentang Ami Memory System

Language capsule (ROM) berbasis Ami Memory System ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan wirausaha kecil Friends Amis Inc di California. Awalnya mereka merancang compressed data bank system yang bisa dikembangkan untuk berbagai keperluan dari bisnis, pendidikan, database hingga game.

Bekerja sama dengan Matsushita dari Jepang, Friends Amis mengembangkan hardware & software untuk kemudian dijual dengan lisensi & brand masing-masing. Friends Amis memperkenalkan penerjemah elektronik di tahun 1979 dengan dibantu Craig Corporation untuk distribusi hardware. Selain Craig M100 ini, terdapat produk kembar lain seperti Philips atau bahkan Ami Memory System translator sendiri.

Menjelang 1982, Matsushita mengakuisisi Friends Amis Inc dan merilis komputer saku Panasonic HHC (hand held computer).

Dan di tahun 80an, kalkulator berubah fungsi menjadi HHC atau hand held computer. Atau yang di tahun 90an dikenal sebagai PDA.


(link)

Iklan Craig M100 di tahun 1979.

Ditemukan di pasar loak dengan kondisi fisik relatif baik dan masih menyala. Tanpa box, tanpa adaptor dan tanpa manual.


Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 2/5 (hanya sebagai kalkulator)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 1/5 (modul chip bahasa yg sulit dicari)
Kelangkaan barang: 3/5 (beberapa kali ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 2/5 (bukan produk penting dalam sejarah kalkulator)


Lebih lanjut tentang Craig M100 & perkembangan microcomputer
- Artikel tentang Ami Memory System & Craig
- Artikel tentang microcomputer
- Vacuum fluorescent display
- Calculator display
- Tech spec
- Penggunaan kalkulator

No comments:

Post a Comment