Friday, May 5, 2017

Experiment with MacVision video digitizer from Koala



Pada pertengahan 80an - sejalan dengan makin populernya komputer rumahan berkemampuan grafik seperti Macintosh - bermunculan image digitizer dari video capture hingga scanner. MacVision buatan tahun 1985 adalah still video digitizer yang mengambil sinyal video composite dari handycam atau video player via RCA port, kemudian diconvert ke Macintosh melalui serial port.


Terdapat pengatur brightness & contrast di hardwarenya

Untuk eksperimen ini kami menggunakan Macintosh SE yang umurnya masih sebaya, sebuah kamera dari Apple Video Phone Kit. Selain itu juga menggunakan iPhone yang terhubung converter HDMI - RCA untuk mendapatkan sinyal video composite. Setelah semua tersetup, proses capture gambarnya sendiri membutuhkan waktu 2 menit-an. Cukup lama untuk hitungan komputer modern jaman sekarang, apalagi untuk sebuah image 8-bit grayscale.


Terdapat beberapa adjustment untuk brightness dan contrast, serta stlye dan efek seperti layaknya Photoshop. Tapi harap dicatat, setiap adjustment bisa memakan waktu 3-4 menit dengan prosesor 8 mHz 68000 di Macintosh SE ini. Untuk image 1-bit bisa agak lebih cepat, sekitar 1 menit.


 
Proses digitizing gambar 8-bit grayscale dari iPhone (HDMI - video composite) via MacVision.


Ini hasil 8-bit


Ini hasil 1-bit

Dari percobaan ini terbayang betapa 'sabar'nya pengguna komputer pertengahan 80an silam. Tapi, mungkin untuk saat itu, proses 4-5 menit pun tidak menjadi masalah besar. Yang terpenting bisa mendapatkan image dari berbagai sumber untuk dipakai dalam dokumen kerja atau persentasi.

No comments:

Post a Comment