Sunday, March 10, 2013

About Argus Lady Carefree

Argus Lady Carefree

Argus Lady Carefree 164 L adalah bagian dari revolusi kamera, yang sebelumnya kepemilikannya dimonopoli oleh para fotografer profesional dengan know-how yang dipelajari bertahun-tahun dan merupakan paket yang mahal dan bukan untuk kantong semua orang, menjadi bentuk kamera kompak yang bisa dimiliki siapa saja. Dirancang oleh Karl-Heinz Lange (lahir th 1932 di Gustrow, Jerman), seorang desainer kamera asal Jerman yang cukup laris sebagai desainer kamera pocket pada jamannya. Sebagai ahli pengerjaan fabrikasi plastik yang berpengalaman di perusahaan amerika NIMSLO di Atlanta/Georgia, Lange memasukkan unsur-unsur plastik yang meringankan dalam perancangan kamera karya-karyanya, sehingga mencapai berat yang sesuai bagi kategori 'compact camera' dan membuat harga produksi kamera bisa lebih murah. Karl-Heinz Lange merancang kamera untuk perusahaan-perusahaan seperti: Argus, Balda, Braun, Minox, Rollei/Voigtländer

Karl-Heinz Lange adalah desainer yang mendevelop 'rangefinder' pada kamera, pada masa magangnya di perusahaan Balda, yang kemudian melahirkan Balda Ib. Sebagai Chief Constructor pada Baldessa, Karl-Heinz lange menciptakan kamera-kamera diantaranya:
  • Baldessa Ib
  • Super Baldamatic
  • Voigtländer Bessy k/ak/as/s (Kodapak)
  • Voigtländer Vito C (Minox 35 concurrence)
  • Nizo 1000
  • Minox 110 S (pocket camera)
  • Nimslo 3D (cheap late version)
  • Argus Carefree 164 (Kodapak)
Argus Lady Carefree

Argus Lady Carefree164 merupakan bagian dari perancangan produk 'Kodapak' yang menggunakan '126 film' rancangan Hubert Nerwin yang mematenkan karyanya bagi Eastman Kodak demi memenuhi kritik konsumen akan kesulitan memasukkan rol film, dengan inovasi bentuk 'cartridge' yang tidak perlu menarik ujung roll film untuk mengaitkannya ke film roll, tinggal letakkan dan gunakan.

Argus menjual 2 jenis kamera dengan nama Lady Carefree, yang tidak satupun merupakan produksi dari Argus. Selain Argus Lady Carefree164, juga ada Argus Lady Carefree buatan Sedic Ltd., Japan; yang secara visual berbeda dengan lady Carefree164 buatan Balda-Werke Jerman. Versi Balda-Werke Jerman seperti yang terlihat di Retro Gizmos terlihat romantis dan sangat wanita, sedangkan yang versi Sedic terlihat lebih menonjolkan image teknis dengan memberi peninggian pada daerah lensa, untuk menggarisbawai kemampuan teknis kamera disamping bentuknya yang kompak dan pengerjaannya yang murah, karena berbeda dengan Lady Carefree karya Balda-Werke yang menggunakan permukaan brocade dan 'golden lines' sebagai nilai plus tampilan kamera, versi Sedic hanya menggunakan perbedaan warna dan kontur plastik dalam warna senada. Versi Balda-Werke pun mempunyai produk pengembangan yang bernama 'Lady Carefree elite' dengan panel muka dari plastik yang berwarna rosewood bak mebel kapal layar/yacht dengan hiasan grafis geometris.


No comments:

Post a Comment