Wednesday, April 22, 1987

Nokia Cityman

Photobucket

Inilah generasi pertama 'telepon genggam' Nokia. Sebenarnya lebih layak disebut handheld ketimbang genggam, tapi paling tidak sudah lebih terpegang tangan daripada Nokia Talkman sebelumnya yang mesti dijinjing tangan.

Dipasarkan Mei 1987, Nokia Cityman dianggap terlambat mengantisipasi Motorola yang sudah terlebih dahulu meluncurkan telepon genggam pertama DynaTAX 8000X tahun 1983. Walau begitu, Cityman didaulat sebagai "the most stylish cell phone in the 80s" dan menjadi cikal bakal kekuatan Nokia sebagai produsen telepon selular di tahun-tahun berikutnya, bahkan lebih populer dibanding Motorola.

Photobucket Photobucket

Diawali joint venture dengan Salora Oy untuk membentuk Mobira, Nokia meluncurkan produk telepon portable Mobira Senator dan telepon mobil Mobira Talkman di awal 80an. Kemudian di tahun 1987, Mobira Cityman (atau Nokia Cityman) diluncurkan dengan 3 model: 1320 untuk pasar Eropa & UK, 450 & 900 untuk jaringan Nordic Mobile Telephony system.


Iklan Nokia Cityman sebagai simbol status (source: Conversation by Nokia)

Nokia saat itu masih jadi anak bawang, pendatang baru di dunia telekomunikasi. Tapi berhasil mendapatkan 13.5% pasar dunia di tahun 1988, berkat Cityman. Dengan berat 760 gram (dibanding dengan iPhone 140 gram) dan dijual seharga £1950 - Rp 30 juta saat itu atau setara dengan Rp 50 juta sekarang - Cityman memang bukan untuk semua orang. Terbatas hanya pada kalangan business man yang selalu ingin update informasi setiap saat, Cityman menjadi simbol status & gaya hidup para yuppies. Tertulis pada brosurnya “Everything is in your hands now. Connections. Time. The freedom to move.”

Photobucket

Popularitas Cityman makin terdongkrak saat pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev berkunjung ke sebuah booth Nokia & melakukan hubungan komunikasi dari Helsinki ke Moscow dengan telepon genggam ini, kebetulan para jurnalis berada disekitarnya dan mempublikasikan momen tersebut ke media massa. Sebuah strategi marketing dadakan. Sejak itu Cityman ini dijuluki "Gorba phone."



Kami teringat ketika akhir 80an bertemu dengan salah satu kerabat kami, menenteng Nokia Cityman ini. Terlihat 'wah' saat itu, membuat kami memaksa orang tua untuk membelikan botol minum berbentuk Cityman untuk sekolah. Di sekolah pun kami berpura-pura melakukan hubungan telepon dengan botol minum itu, sambil sesekali menyeruput air sirup melalui 'antena' :D


Perbandingan Nokia Cityman dengan iPhone 4

Kondisi fisik 90% mulus, charger masih berfungsi tapi handset tidak menyala. Kemungkin batere yang sudah sangat lemah. Tanpa box tanpa manual hanya dilengkapi charger dock.

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 1/5 (dekorasi atau barang kolektor)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 1/5 (system not supported)
Kelangkaan barang: 5/5 (sulit ditemui di eBay terutama US eBay)
Peran dalam sejarah: 5/5 (awal Nokia berkiprah di industri cell phone)

Lebih lanjut:
- Nokia.com
- Conversation by Nokia
- Retrowow

No comments:

Post a Comment