Friday, January 31, 1975

Kodak Brownie 8mm



Kebutuhan mengabadikan gambar bergerak untuk keluarga sudah ada dari tahun 50an, saat kamera film format 8mm mulai populer digunakan. Dengan projector, keluarga berkumpul untuk menonton film yang direkam beberapa saat lalu (seminggu lalu atau sebulan lalu - tergantung lama proses di laboratorium cuci cetak film.)



Tidak ada prosesor, tidak ada batere, tidak ada auto focus, tidak ada kontrol aperture seperti yang biasa kita jumpai di alat rekam video keluarga. Dengan Kodak Brownie 8mm ini gambar bergerak direkam mekanis & optis.



Sayangnya kami tidak punya film 8mm untuk dicoba. Dan kalaupun ada, belum tahu harus diproses di mana. Terakhir awal 80an, Jakarta sudah tidak punya tempat proses film 8mm. Seingat kami, ini adalah film 8mm terakhir kami di tahun 1977.



Kondisi kamera banyak lecet & goresan. Yang satu tanpa asesori, yang satunya lengkap dengan view-finder, light meter & 2 lensa wide-tele. Satu box & manual. Gear mekanis masih berjalan, mengeluarkan bunyi RRRRRRRRRRRRRRRRrrrrrrrrrr... The beauty of analog.





Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 1/5 (terlalu merepotkan)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 1/5 (film sudah tidak diproduksi)
Kelangkaan barang: 1/5 (banyak ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 3/5 (dalam sejarah perkembangan movie camera portable)

Click here to check Kodak Brownie models!

Imagine ... a lifetime of happy movie making -1952
Iklan Kodak Brownie dari akhir tahun 50an

2 comments: