Thursday, August 17, 2006

Sony mylo

Sony mylo

Diluncurkan tahun 2006, Sony mylo ini memang tidak ditujukan untuk pengguna dewasa & serius. Dengan brand mylo atau My Life Online, feature internet yang diberikan juga sangat terbatas. Hanya dilengkapi software Skype, Google Chat, Yahoo! Messenger & Opera web browser serta multimedia player plus text editor. Email hanya bisa dilakukan via web browser karena tidak dilengkapi email client. Walau era social network belum booming seperti sekarang, di jaman itu sudah ada kebutuhan untuk ngeblog, video & photo sharing bahkan sudah ada Friendster & MySpace. Dan Sony mylo tidak mengakomodir kebutuhan-kebutuhan tersebut. Tidak ada third party app, terasa sangat terbatas bahkan untuk pengguna usia 18 tahun hingga 22 tahun.

Sony mylo

Dilahirkan sebagai device instant messaging, Sony mylo dilengkapi QWERTY keyboard dengan kunci-kunci mini, butuh kuku untuk mengetik. Lupakan mengetik dengan jempol karena saking mininya. Dengan adanya Skype, mylo bisa difungsikan juga sebagai VoIP phone dengan menggunakan built-in speaker & microphone. Koneksi wi-fi menggunakan tipe 802.11b, dengan radius pemakaian yang terbatas & tidak boleh mendapatkan banyak halangan dinding.

Dipasarkan Agustus 2006, popularitas Sony mylo COM1 itu terhalang dengan hadirnya iPhone, lalu iPod touch sebagai internet tablet diikuti pesatnya perkembangan smartphone. Rilisnya model COM2 di tahun 2008, tetap tidak mampu mendongkrak popularitas mylo.

Sony mylo

Lalu apa yang menarik dari Sony mylo ini? Desain. Menyerupai bentuk dasar Sony PSP, dengan bentuk & warna yang tech-cute. Faktor ergonomis juga terasa relatif manis. Dipercantik dengan elemen estetis lampu LED yang melingkar, sebelah kiri warna hijau sebagai indikator power, sebelah kanan warna biru berpendar mengalir sebagai indikator wi-fi. Tombol power & wi-fi-nya pun khas, digeser melingkar mengikuti bentuk lengkung bagian sisi kiri mylo (sayangnya tombol volume & media player tidak memiliki cara kerja yang sama.)

Desain unik seperti ini mengingatkan produk Sony di tahun 2003: Clie PEG UX-50. Dilengkapi dengan QWERTY keyboard, Clie & mylo membawa peran yang sama sebagai multimedia + internet device.

Sony mylo

Di era paska iPhone ini, hampir semua gadget bentuknya sejenis. Hampir tidak bisa dibedakan mana iPad mana Samsung Galaxy Tab. Plain, kaku, membosankan. Lihatlah mylo ini, saat bentuk bisa terlihat imut dan bermain. Jadi merindukan saat Steve Jobs kembali ke Apple di akhir 90an, saat industrial design masih diberi ruang banyak untuk bermain & bereksperimen.



Tweeting with mylo

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh device ini di masa sekarang? Paling tidak, selama ada wifi bisa akses Twitter di browser Opera-nya. Nge-tweet di cafe dengan device jadul cukup mengundang perhatian orang di sekitarnya, apalagi bentuk devicenya unik seperti mylo ini :D

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 5/5 (multimedia player, web browsing messaging, VoIP phone)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 4/5 (memory stick masih dipasarkan)
Kelangkaan barang: 3/5 (beberapa kali ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 1/5 (bukan produk penting dalam sejarah internet device)

More:
- About.com
- CNET review
- Compare mylo to Nokia N800 & original iPhone
- Hack the mylo
- mylo vs iPod touch
- Sony mylo COM2

No comments:

Post a Comment