Thursday, September 2, 1982

Sony Watchman FD-210

Untitled

Menurut berbagai sumber, TV saku pertama diproduksi secara massal [1] di tahun 1977 oleh perusahan asal Inggris, Sinclair dengan model MTV1. Namun karena bentuknya masih terlalu besar untuk saku, berat & mahal menjadikan produk MTV1 ini tidak cukup populer.
Kendala terbesar dalam pembuatan TV kecil di era itu adalah penggunaan tabung CRT (Cathode Tube Ray) - seperti yang terdapat pada TV atau monitor komputer sebelum era LCD. Tabung CRT ini cukup menyita ruang & mempengaruhi berat device. Untungnya Sony berhasil mendesain ulang CRT ini dan membuat flat CRT yang jauh lebih mungil dan ringkas dibanding CRT biasa. Di flat CRT ini, elektron ditembakkan ke layar yang ditekuk 90ยบ. Dengan kata lain, posisi layar sejajar dengan electron gun.

Untitled

Tahun 1982, Sony merilis TV saku pertama mereka: Watchman FD-210. Dunia pun tersentak excited, this is it! Walau bersaing dengan Sinclair yang terlebih dahulu dirilis, pasar melihat Watchman ini lebih reliable dan well-made. Sebuah TV saku yang mudah dibawa-bawa, tanpa takut tertinggal acara TV seperti siaran langsung pertandingan bola seperti World Cup 1982 di Spanyol.

Dijual dengan harga 54,800 yen di Jepang (atau setara Rp 15 juta sekarang), TV saku hitam putih dengan berat 650 gram ini langsung menjadi produk yang cukup laris, membuat Sony merilis model-model Watchman di tahun berikutnya seperti FD-10A di tahun 1987.

Pengembangan layar LCD yang semakin canggih di era 80an - dimulai dengan Casio yang merilis TV-10, TV saku berlayar LCD tahun 1983 - cukup mengganggu popularitas TV saku berlayar CRT. Apalagi di tahun 1984, Seiko & Epson merilis TV saku LCD berwarna mereka. Agar tetap bisa bersaing, di tahun 1990 Sony mengganti CRT dengan LCD berwarna di produk Watchman. Hingga akhirnya dihentikan di tahun 2000.

1982 Sony Watchman (the first model) & 1986 model
1982 first Sony Watchman FD-210 & 1987 FD-10A

Model FD-210 ini menjadi legenda dan jadi artefak bersejarah - ketika TV masih menggunakan tabung dan bisa masuk saku.

 
Iklan Sony Watchman (source), Christmas Gifts majalah New York (source) & artikel Popular Science (source)

Ditemukan di pasar loak dalam kondisi fisik baret-baret, masih menyala dengan CRT yg masih berfungsi dengan baik. Tanpa tutup batere, tanpa box & tanpa manual.

video

Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 2/5 (dekorasi. siapa yang mau nonton hitam putih?)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 3/5 (batere AA & frekwensi analog TV)
Kelangkaan barang: 5/5 (sangat jarang ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 5/5 (model pertama legendaris)

Related gadgets:
- Sony Watchman FD-10A

More info:
- Majalah TIME: 100 Most Influential Gadgets
- Sejarah TV saku di Popular Science
- Sejarah TV saku
- Walkman Central
- Sejarah Sony Watchman

[1] TV saku sudah mulai dikembangkan dari tahun 60an, namun tidak pernah diproduksi secara massal, contohnya di artikel Popular Mechanics th 1966 ini.

No comments:

Post a Comment