Monday, January 20, 1975

Zenith Space Commander 300

Zenith Space Commander 300

Selepas perang dunia, sedikit banyak perkembangan teknologi mulai beralih dari kebutuhan militer ke kehidupan masyarakat sehari-hari. Di tahun 50an, ruang keluarga Amerika mulai dibanjiri barang-barang canggih seperti hi-fi equipment, radio dan terutama televisi.

Remote TV lahir di masa ini. Sejalan dengan banyaknya channel TV, muncul kebutuhan untuk memindahkan channel atau mengubah volume suara tanpa harus beranjak dari sofa. Kemudian terciptakalh remote TV pertama yang menggunakan kabel di 1951, dikenal dengan nama 'lazy bone'.

Zenith Space Commander 300

Mungkin karena banyak kesandung gara-gara kabel remote, akhirnya diciptakan remote TV tanpa kabel di tahun 1955 dengan nama 'Flashmatic'. Tombol hanya ada dua: untuk menyalakan/mematikan TV & pindah channel. Remote ini mengirim seberkas sinar, ditangkap photoelectric cell di TV. Sayangnya, photoelectric-cell-nya terlalu peka cahaya sehingga jika terkena cahaya sedikit pun akan membuat TV mati nyala secara acak.

Zenith Space Commander 300 Zenith Space Commander 300

Beberapa tahun kemudian, Robert Adler karyawan Zenith Radio Corporation menciptakan remote TV tanpa batere. Remote ini mengirimkan gelombang suara ultrasonic ke TV saat tombol ditekan dan diberi nama Space Commander. Karena tiap tombol ditekan bunyi klak klik klak klik, remote ini diberi nickname "The Clicker".

Space Commander 300 generasi kedua ini dibuat tahun 1960. Hanya terdapat 2 tombol untuk pindah channel dan merubah volume suara. Sekali tekan, tombol channel naik ke channel lebih tinggi. Untuk ganti channel dari tinggi ke rendah, tombol harus ditekan berkali-kali hingga mencapai channel rendah yang dimaksud. Suara juga begitu, terdapat empat setting dari Mute, Low, Medium & High. Kalau mau matiin volume dari Low harus naik dulu ke High. "Woiy matiin suaranya!" "Bentar, gue kencengin dulu. Siap-siap tutup kuping!"

Di dalam remote ini terdapat dua tabung aluminium. Saat tombol ditekan, palu kecil mengetuk tabung dan mengirimkan frekuensi suara yang hanya bisa didengar oleh TV. Sementara kuping kita hanya mendengar suara 'klik'.

The clicker masih digunakan hingga awal tahun 70an. Tahun 1978 remote control dengan infrared diperkenalkan dan dipasarkan awal tahun 80an.

Fun fact:
Remote Space Commander model lain terlihat di film Men In Black 3, dipakai Agent K untuk membuat lemari rahasia di rumahnya. Ini Space Commander 600 yang memilik 4 tombol, buatan antara 1965-1972.



video

Fun fact lainnya, Zenith Space Commander masuk dalam "50 Greatest Gadget in 50 years" versi PC World.



Skala 1 hingga 5:
Kegunaan di masa sekarang: 1/5 (collector item/decoration)
Kemudahan penggunaan di masa sekarang: 1/5 (TV modern menggunakan remote infrared)
Kelangkaan barang: 3/5 (biasa ditemui di eBay)
Peran dalam sejarah: 5/5 (cikal bakal perkembangan remote TV)

More info:
- Push Click Touch
- WIRED: The Real Original Remote Control


No comments:

Post a Comment